Tips Pergi Liburan Ke Cirebon Utara

Posted on

Travel Bekasi Majalengka – Cirebon Utara adalah sebuah kota yang berlokasi di Jawa Barat, dan berada dekat perbatasan Jawa Tengah. Wilayah Cirebon kondang terdiri dari hutan, pegunungan, dan gunung berapi. Cirebon tawarkan aneka wisata seni budaya, wisata sejarah, dan wisata kuliner. Pamor Cirebon juga tambah tinggi sejak kerajinan kain batik khas Cirebon dilirik oleh penduduk lokall dan Internasional, khususnya bagi kaum wanita yang mengkonsumsi batik khas Cirebon sebagai pakaian. Warna corak batik khas Cirebon yang berwarna-warni ini punya kandungan dampak budaya Cina, layaknya motif Batik Megamendung yang kini sedang mendunia.

Cirebon menarik para pengunjung lokal maupun Internasional bersama dengan budaya pesisirnya, serupa budaya Banten, Batavia, Pekalongan, dan Semarang, yang merupakan campuran dari budaya Cina, Arab, dan Eropa.

Wilayah Utama Cirebon Utara
Batas-batas lokasi West Cirebon yaitu,
Utara: Sungai Kedung Pane

Barat: Sungai Banjir Kanal atau Kabupaten Cirebon
Selatan: Sungai Kalijaga
Timur: Laut Jawa

Sejarah Cirebon Utara
Sebuah manuskrip bernama Purwaka Caruban Nagari membuktikan bahwa pada abad ke-15 Cirebon hanya sebuah desa kecil nelayan bernama Muara Jati. Saat itu, pelabuhan Muara Jati memadai aktif bersama dengan kesibukan perniagaan kapal-kapal asing. Pengurus pelabuhan yakni Ki Gedeng Alang-Alang yang ditunjuk oleh penguasa Kerajaan Galuh (Padjadjaran). Selain itu, terlihat kesibukan Islam tambah berkembang di daerah pelabuhan.

Pangeran Walangsungsang dari Pajajaran menjabat sebagai Adipati Cirebon bergelar Cakrabumi. Ia lantas mendirikan Kerajaan Cirebon yang baru dan membuktikan kemenangannya atas Kerajaan Galuh. Ia membangun Kesultanan Cirebon jadi daerah pelabuhan yang ramai di pantai utara Jawa. Cirebon berkembang jadi salah satu kesultanan yang independen di bawah pemerintahan Sunan Gunungjati di awal abad ke-16. Berdirinya Kerajaan Cirebon menandai diawalinya Kerajaan Islam Cirebon bersama dengan pelabuhan Muara Jati yang aktivitasnya berkembang hingga kawasan Asia Tenggara.

Cara ke Cirebon Utara
Akses menuju Cirebon bisa ditempuh lewat bermacam cara, selain memanfaatkan kendaraan spesial Anda juga bisa naik transportasi bus, mobil travel, dan kereta api.

Kereta Api
Anda bisa naik kereta api Cirebon Express dari Stasiun Gambir dan Stasiun Jatinegara, Jakarta, bersama dengan harga karcis Rp. 70.000 per orang untuk gerbong tanpa AC (bisnis), atau Rp. 95.000 per orang untuk gerbong AC (eksekutif). Perjalanan menuju Cirebon memakan waktu 3 jam 15 menit. Pilihan kereta api lainnya adalah Argo Jati bersama dengan harga karcis Rp. 120.000 per penumpang.

Bus
Ada bermacam pilihan bus antar kota bersama dengan rute Cirebon, harga tiketnya berkisar muai dari Rp. 35.000 untuk kelas ekonomi, dan Rp. 55.000 untuk kelas bisnis.

Pesawat Udara
Jika Anda dari luar Pulau Jawa, Anda bisa memanfaatkan pesawat udara bersama dengan rute target Bandung atau Jakarta, baru dilanjutkan Mengenakan kendaraan lewat jalan darat menuju Cirebon.

Transportasi di Cirebon Utara
Ada sebagian kendaraan lazim yang bisa Anda memanfaatkan untuk berkeliling Cirebon, yaitu,
Mobil rental, merupakan pilihan yang paling nyaman digunakan.
• Angkot, bersama dengan tarif Rp. 3.000 per penumpang.
• Becak, model kendaraan ini mungkin yang paling banyak Anda temukan di Cirebon. Tarifnya jadi dari Rp. 5.000 – Rp. 20.000, dan tergantung pada kekuatan Anda menawar harga.
• Taksi, umumnya kurang lebih Rp. 75.000 per jam, tetapi bisa juga lewat tawar-menawar harga leih dulu.
• Ojek, bisa disewa sepanjang seharian bersama dengan tarif kurang lebih Rp. 60.000, atau tergantung pada jauh dekatnya daerah target Anda.

Hotel di Cirebon Utara
Ada bermacam hotel di kurang lebih Cirebon Utara, jadi dari hotel melati hingga hotel bintang tiga, yang mematok harga kamar kebanyakan berkisar Rp. 300.000 – Rp. 500.000 per malam.
Beberapa hotel yang berlokasi di Cirebon Utara,
• Hotel Santika Cirebon
Jl. Dr. Wahidin No. 32, Cirebon Utara, Jawa Barat
• Metland Hotel Cirebon by Horison
Jl. Siliwangi No. 61, Cirebon Utara, Jawa Barat

• Bentani Hotel & Residence
Jl. Siliwangi 69, Cirebon Utara, Jawa Barat

• Satria Cirebon
Jl. Ahmad Yani No. 39, Cirebon Utara, Jawa Barat

• Hotel NEO Samadikun Cirebon
Jl. Kapten Samadikun No. 60, Cirebon Utara, Jawa Barat

• Amaris Hotel Cirebon
Jl. Siliwangi No. 70, Cirebon Utara, Jawa Barat

Iklim di Cirebon Utara
Cirebon Utara sebagaimana Kabupaten Cirebon mempunyai iklim tropis bersama dengan curah hujan yang signifikan terjadi sepanjang tahun. Musim kemarau terjadi singkat. Suhu udara kebanyakan didalam setahun adalah 27.4 °C, dan curah hujan rata-ratanya 2393 mm.
Bahasa Daerah di Cirebon Utara
Masyarakat Cirebon kerap mengatakan Bahasa Cirebon atau mereka menyebutnya Basa Cerbon. Bahasa daerah ini punya kandungan ciri khas bahasa-bahasa di pesisir utara Jawa Barat lainnya.
Objek Wisata di Cirebon Utara
• Kraton Kasepuhan, didirikan pada th. 1529 oleh Pangeran Mochammad Arifin II yang tetap merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati.
• Kraton Kanoman, didirikan oleh Sultan Kanoman I, turunan ketujuh dari Sunan Gungn Jati.
• Kraton Kecirebonan, dibangun pada th. 1800. Koleksinya berwujud benda-benda peninggalan layaknya keris, wayang, alat perang, gamelan, dan lain sebagainya.
• Taman Sari Gua Sunyaragi, petilasan bersama dengan arsitektur unik yang dibangun pada th. 1703. Dulu kerap digunakan Raja dan keluarganya sebagai daerah untuk mencari ketenangan. Dua bangunan utamanya adalah Pesanggrahan dan Gua.
• Taman Kalijaga, dikenal sebagai petilasan Sunan Kalijaga, konon Sunan berikut jalankan khotbahnya di daerah ini.
• Masjid Agung Sang Cipta Rasa, dibangun pada th. 1498 M oleh Wali Sanga atas prakarsa Sunan Gunung Jati.
• Makam Sunan Gunung Jati, mempunyai arsitektur yang unik, yakni perpaduan gaya arsitektur Jawa, Arab, dan Cina. Berlokasi di Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Perjalanan dari Cirebon menuju lokasi makam ini umumnya butuh waktu kurang lebih 15 menit.
• Wanawisata Ciwaringin, terletak di Desa Ciwaringin. Ada danau di mana Anda bisa memancing, dan arena balap motor cross.
• Desa Wisata Cikahalang, terkandung banyak tempat tinggal makan bersama dengan menu ikan bakar istimewa. Anda juga bisa memancing sendiri di kolam-kolam yang disediakan. Lokasinya di Kecamatan Dukupuntang.
• Situ Sedong, merupakan waduk buatan yang dijadikan daerah rekreasi keluarga.
• Banyu Panas Palimanan, berlikasi di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon. Anda bisa menempuh perjalanan sepanjang 30 menit dari Cirebon untuk hingga di daerah pemandian sumber air panas alami ini.
• Kampung Batik Trusmi, daerah berbelanja batik dan oleh-oleh khas Cirebon. Lokasinya berada di Kecamatan Plered.
Mal di Cirebon Utara
• Cirebon Mall
Berlokasi di pusat kota Cirebon, Jawa Barat.

• Cirebon Superblock Mall (CSB Mall) adalah pusat perbelanjaan di Kota Cirebon yang berlokasi di kawasan Cirebon Superblock, yang dibangun th. 2008.

• Cirebon Town Square (CIETOS)
Rajawali Trade Centre Lantai 1, Jl. Rajawali Raya, Cirebon, Jawa Barat