Teknik Pengereman MotoGP saat Di Tikungan dengan Kecepatan 300 km/jam

Posted on

Menjadi pebalap MotoGP pastinya melalui berbagai latihan panjang dan diawasi instruktur yang memang sudah jago dalam dunia balap. Banyak tehnik-tehnik yang diajarkan kepada para calon pebalap.

Diantaranya cara pengereman yang benar saat mendekati tikungan namun berada dikecepatan 350 km/jam? Trail brakingadalah jawabannya.

Trail braking merupakan teknik yang digunakan pembalap untuk memperlambat motor secepat mungkin. Teknik ini memungkinkan pembalap menurunkan kecepatan dari kecepatan tertinggi di jalur straight ke kecepatan yang aman di tikungan dan dapat kembali melaju cepat setelahnya.

Seperti dilansir dari GridOto.com, cara menerapan teknik ini yaitu saat motor mendekati tikungan, ketika sudah memasuki zona pengereman tekan tuas rem secara penuh tapi tetap memperhatikan akurasi.

Pengereman ini dilakukan saat motor masih berdiri tegak atau belum melakukan manuver untuk berbelok. Nah, saat memasuki zona tikungan, pebalap mengurangi tekanan pengereman.

Pengurangan tekanan pada rem itu dilakukan sejalan dengan bertambahnya kemiringan motor hingga mencapai “apex”. yaitu titik paling ketat di tikungan, biasanya dilewati pembalap sesaat sebelum mereka mulai keluar untuk berakselerasi.

Setelah itu, pebalap melepaskan rem dan mulai menarik gas dan berakselerasi. Namun, dalam melakukan trail braking ini, pembalap biasanya menggunakan porsi rem depan jauh lebih banyak.

Lihat Juga : Yalla Shoot

Oleh sebab itu biasanya kita bisa melihat ban belakang motor pembalap MotoGP hingga bisa sedikit terangkat saat melakukan pengereman. Rem belakang hanya sedikit berkontribusi dalam teknik ini, biasanya digunakan di tengah tikungan untuk penyesuaian dan menstabilkan motor.

Terlihat mudah ketika membaca teorinya, tetapi untuk bisa mempraktekan dengan tingkat akurasi yang tepat sangat sulit. Dan perlu diingat, pembalap MotoGP melakukan itu di setiap lap.

Coba perhatikan data teknik pengereman dari Brembo berikut ini.

Data pengereman dari brembo di MotoGP Jerman
Data di sirkuit Sachsenring, Jerman ini, para pembalap MotoGPmenempuh 30 lap. Setiap lap, pembalap menurunkan kecepatan dari kecepatan awal sebesar 304 km/jam di trek lurus atau straight menjadi 99 km/jam mendekati tikungan.

Pembalap membutuhkan 5,8 detik untuk melakukan pengeremanitu dengan jarak 253 meter. Selain itu, jari mereka juga harus menahan beban 5 kg ketika melakukan pengereman ini.

Ini bukan teknik yang mudah diterapkan, terlebih lagi di MotoGPsemua komponen dirancang khusus untuk keperluan balap.