Mungkin ada banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membedakan teks eksplanasi dengan teks eksposisi. Eksplanasi merupakan saduran dari bahasa Inggris yaitu explanation yang memiliki arti menjelaskan sesuatu. Sedangkan teks eksposisi berasal dari kata exposition. Dan jenis teks ini hampir sama dengan teks eksplanasi.

rumusrumus.com

Banyak sekali orang yang masih belum bisa membedakan antara teks eksplanasi dengan teks eksposisi. Dari segi penyebutan saja kedua jenis teks tersebut hampir sama. Namun benarkan terdapat banyak kesamaan struktur diantara kedua jenis teks tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Perbedaan antara teks eksplanasi dengan teks eksposisi

Salah satu hal yang paling mudah diingat dari perbedaan antara teks eksplanasi dengan teks eksposisi adalah tujuan penulisan dari masing-masing teks. Teks eksplanasi dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang akan terjadi atau dilakukan maupun proses dalam melakukan sesuatu.

Sedangkan teks eksposisi lebih kepada penjelasan tentang suatu peristiwa maupun pengetahuan mengenai sesuatu. Jadi ketika teks eksplanasi lebih berfokus pada proses, maka teks eksposisi lebih terfokus pada penjelasan atau pengertian dari sesuatu. Teks eksposisi juga lebih kepada suatu pemaparan secara general atas terjadinya sesuatu.

Perbedaan lain yang bisa dilihat dari kedua jenis teks tersebut adalah penggunaan struktur bahasa dan juga pengaturan kata serta kalimat. Pada teks eksplanasi, terdapat kata sambung sebab akibat yang terdapat pada kalimat. Sistematika penulisan teks eksplanasi juga urut sehingga memudahkan para pembaca untuk memahami teks.

Sedangkan pada teks eksposisi banyak istilah metabolik yang seringkali digunakan untuk menjelaskan sesuatu. Ada banyak juga konjungsi atau kata sambung pada jenis teks eksposisi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mencari perbedaan tersebut melalui contoh teks eksplanasi dan juga teks eksposisi.

Anda bisa mencari contoh teks eksplanasi di buku bahasa Indonesia atau berbagai buku lainnya. Anda juga bisa mencarinya di internet melalui website rumusrumus.com. selain bisa mencari contoh berbagai jenis teks yang ada dalam tata bahasa Indonesia, anda juga bisa mencari materi-materi terkait pelajaran lainnya seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan lain sebagainya.