Peternak Burung Walet Harus Tau Tentang Ini

Posted on

 

 

download suara burung walet –  Burung walet ialah satu jenis burung yang berkeinginan dipelihara oleh tidak sedikit orang sebab keuntungan yang didapatkan dari ternak burung ini lumayan tinggi.

Sarang burung walet mempunyai nilai jual yang paling tinggi, bahkan dapat menjadi sumber utama guna mendapatkan pemasukan teratur per bulan. Ada tidak sedikit pengalaman orang yang merasakan kesuksesan sebab beternak dengan burung ini.

Burung walet sebenarnya ialah burung pemakan serangga yang suka terbang dengan cepat. Burung ini mempunyai sifat setia, yang tampak dari bagaimana kebiasaannya guna selalu kembali ke sarang yang sama tak peduli sejauh apa juga dia pergi menggali makan. Pada masing-masing sore hari, dapat dijamin bahwa dia bakal kembali kembali ke asalnya. Karena kebiasaannya pergi ke mana saja itulah, burung walet paling sulit sebetulnya untuk diternakkan. Oleh karena inilah barangkali tidak terlalu tidak sedikit ternak yang sukses dan akhirnya menciptakan harga sarangnya paling mahal.

Tetapi apakah tersebut berarti kira tidak dapat membudidayakannya sama sekali? Tentu saja tidak. Bagi anda yang hendak mencoba beternak burung walet dari awal, tidak terdapat yang tidak dapat dilakukan asalkan diiringi dengan kesabaran dan ketekunan guna terus mempelajari urusan yang hendak kamu geluti tersebut. Sangat wajar bilamana para peternak pemula sepertimu tentu akan paling kebingungan, apa yang mesti dilakukan? Dari mana mesti mengawali budidaya burung ternak walet itu? Beruntung bagimu sebab dalam tulisan kali ini bakal kita kupas beberapa teknik beternak burung walet yang dapat kamu kerjakan secara berdikari sejak ketika ini juga!

Perlu dikenang bahwa beternak burung walet memerlukan modal yang tidak sedikit, dan oleh karena itu, pastikan anda mempunyai tabungan yang cukup tidak sedikit untuk dipakai sebagai modal sekaligus simpanan cadangan untuk mengisi kebutuhanmu keseharian dan sebagai antisipasi bilamana ternyata modal yang anda keluarkan susah untuk segera balik modal bahkan merasakan kegagalan di tengah jalan.

Lalu bagaimana saja teknik beternak burung walet tersebut sendiri? Apa saja yang perlu dilaksanakan untuk beternak burung walet? Buat anda yang hendak beternak burung walet, inilah ini sejumlah cara beternak burung walet yang dapat kamu kerjakan mulai dari sekarang!

1. Membuat sarang guna burung walet

Langkah kesatu untuk mengerjakan ternak burung walet pasti saja ialah dengan teknik membuat sarang guna burung walet yang anda miliki. Tempat bermukim burung walet atau sarang atau kandang yang menyokong perkembangan burung walet bakal memancing burung walet menciptakan sarangnya di dalam kandang. Oleh sebab itulah anda harus sangat seksama dalam menciptakan rumah yang akan dipakai sebagai lokasi untuk beternak burung walet tersebut.

Ada sejumlah tips yang dapat kamu pakai untuk menciptakan rumah dengan baik. Pertama merupakan, bahwa lokasi yang digemari oleh burung walet untuk menciptakan sarangnya sebetulnya sama dengan lokasi yang digemari oleh burung sriti. Oleh sebab itulah, sejumlah peternak pemula seringkali membuatkan rumahan guna burung sriti terlebih dahulu dengan teknik menggunakan batu bata yang di cor serupa dengan menciptakan sebuah bangunan lokasi tinggal dengan meyakinkan situasi suhu bangunan itu lembab.

2. Mengetahui ciri-ciri burung walet

Cara beternak burung walet yang satu ini agaknya mesti anda lakukan semenjak awal. Kamu perlu memahami kan bagaimana tersebut bentuknya burung walet? Bagaimana dapat kamu beternak burung walet namun tidak memahami burung ini? Oleh karena tersebut kamu perlu memahami apa saja ciri-ciri burung walet. Berikut ini ialah beberapa ciri-ciri burung walet yang dapat kamu ketahui.

Sayapnya berbentuk sabit yang melengkung dan meruncing
Warnanya gelap secara utuh, kalaupun terdapat warna lain bisa jadi besar porsinya kecil
Tubuhnya berukuran sedang atau kecil tidak lain jauh dengan burung gereja
Memiliki kecepatan terbang yang tinggi
Kaki dan paruhnya berukuran paling kecil
Burung ini tidak dapat berjalan dengan kakinya sampai-sampai tidak pernah hinggap di pohon
Walet memiliki kelaziman berdiam di gua atau lokasi tinggal yang lumayan lembab, remang-remang dan gelap
dengan memakai langit-langit pada lokasi tersebut guna menempelkan sarang sebagai lokasi beristirahat dan berbiak.
Walet pun mencari santap serangga yang terbang khususnya pada ketika sore hari atau saat hari telah mulai surup.
Lihatlah bahwa ciri-ciri di atas bertolak belakang dari ciri-ciri burung beda yang sudah kita kupas dalam teknik memilih burung merpati balap, ciri ciri pleci merapi atau ciri burung merpati.

3. Membuatkan satu pintu masuk pada sarangnya

Dalam penciptaan rumahan burung walet, anda harus membuatkan satu pintu masuk pada sarang burung walet itu untuk mempermudah bagimu mengasuh rumahan tersebut. Di samping itu, pastikan ada lubang-lubang udara yang diblokir dengan kain jarang atau kain hitam di masing-masing sisinya tidak cukup lebih satu meter per satu lubang supaya oksigen tetap dapat masuk ke dalamnya.

4. Membuatkan jendela di atas sarang

Di samping membuatkan satu pintu untuk mempermudah perawatan burung walet, kamu pun perlu membuatkan jendela di atas sarangnya supaya memudahkan walet dalam bernafas dan pun menjaga sirkulasi udara di dalam gedung tersebut.

5. Membuat parit keliling di dekat sarang

Di unsur luar sarang, anda perlu menciptakan semacam parit yang mengelilingi sarang burung walet sebagai media guna minum burung walet dan pun untuk menangkal semut dan fauna lain guna mengganggu burung walet yang anda pelihara tersebut. Dengan demikian kamu dapat menjaga supaya burung walet yang anda pelihara terhidrasi dengan baik serta aman dari gangguan hewan-hewan yang lain.