Berikut ialah penjelaan singkat mengenai komposisi penempatan zona aktivitas, yakni meliputi kemudahan penyimpanan yang diwakili oleh kabinet dan lemari es, kemudahan pencucian telah tentu diwakili oleh bak cuci piring dan terakhir ialah fasilitas kerja diakomodir oleh kompor, microwave atau oven serta top table.

Setelah desain ideal telah diperoleh menurut kedua kriteria tersebut, etape selanjutnya anda akan diinformasikan spesifikasi bahan material kitchen set perbagian yang mesti anda pilih dengan keunggulan dan kekurang di masing-masing bahannya. Pemilihan material ini bakal selalu menciptakan bingung serta bimbang dalam menyimpulkan pilihan. Jujur saja kita tidak sedikit tidak memahami untuk seluruh “istilah” tersebut, sebab memang baru kali kesatu mengenal istilah-istilah yang digunakan. Karena tersebut sebelum anda memilih dan menilai material yang digunakan, terdapat baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu akan makna dari istilah-istilah tersebut.

Karena itu, kali ini kami membicarakan istilah-istilah yang dipakai pada material kitchen set dan semoga informasi ini bakal berguna untuk yang sedang menciptakan kitchen set surabaya.

Berikut daya yang sudah kami kumpulkan, inilah ini :

MATERIAL DASAR
Ada tidak sedikit jenis bahan papan kayu yang dapat digunakan sebagai material dasar penciptaan kitchen set, mulai dari multiplex/ plywood, MDF, particle board dan block board. Di bawah ini ialah penjelasan dari tiap-tiap tipe papan kayu itu :

Kayu Solid – Kayu Utuh
Sesuai namanya, kayu solid memakai bahan baku kayu utuh, sampai-sampai lebih powerful dan lebih kokoh daripada “kayu olahan”. Sebanding dengan kualitasnya, maka furniture dengan kayu solid harganya paling mahal.

Jenis kayu yang tidak sedikit digunakan guna furniture ini seringkali kayu jati, sungkai ataupun nyatoh. Kayu jati dipilih sebab mempunyai urat kayu yang cantik sampai-sampai bagus guna di expose atau ditonjolkan dan lebih tahan terhadap cuaca ataupun rayap. Namun harganya paling mahal, sampai-sampai sering dipakai untuk furniture berkelas atau furniture ekspor. Kayu sungkai sering dipakai sebagai pengganti kayu jati sebab harganya lebih murah. Warnanya pun ingin lebih cerah daripada kayu jati. Di samping kayu sungkai, kayu nyatoh kini pun popular dipakai sebagai pengganti kayu jati.

Untuk harga kayu solid, dihitung menurut:

kubikasi/volume(m3) = (panjang [p] x lebar[l] x tebal[t])

Kebanyakan orang berpikir bahwa kayu solid bisa bertahan lama dan materialnya padat sehingga gampang diberi detail-detail ekstra untuk hiasan. Namun sepanjang pemakaianya, kayu solid akan merasakan muai susut yang dapat dominan terhadap ukuran. Apabila tanpa tahapan pencegahan yang tepat, sejumlah jenis kayu solid lebih rentan terhadap rayap, sampai-sampai dapat menerbitkan bubuk kayu yang mengakibatkan kayu keropos.

Layered ( plywood: multiplex, triplex, dll )
Kayu lapis adalahhasil perekatan/press dari sejumlah lembaran kayu/triplek/multiplek dengan desakan tinggi. Kayu lapis memiliki sejumlah jenis ketebalan. Ketebalan plywood menilai kekuatan furniture tersebut. Kayu lapis yang terdiri dari tiga eksemplar kayu dinamakan tripleks. Sedangkan yang terdiri dari lebih dari tiga eksemplar kayu, dinamakan multipleks. Harga plywood sudah tentu lebih murah dari pada kayu solid.

Umumnya plywood dipakai untuk menciptakan lemari pakaian, kitchen set, meja, lokasi tidur, ataupun rak buku. Ketebalan kayu lapis dipasaran bervariasi, mulai dari 3mm, 4mm, 9mm, dan 18mm dengan ukuran penampang standart yakni 120cm x 240cm.
Untuk plywood yang memiliki sejumlah motif, diantaranya ialah motif jati, sungkai, nyatoh, dll. Masing-masing motif mempunyai karakteristik dan warna tersendiri. Bagi fungsinya, Papan plywood kerap dipakai sebagai pelapis unsur atas lemari ataupun kitchen set.

Untuk Plywood yang polos atau tanpa motif, seringkali dilapisi dengan HPL, veneer PVC atau melaminto untuk menyerahkan motif/tekstur finishing pada permukaannya.

Salah satu tipe playwood yang memiliki keunggulan anti air ialah Melaminto. Tipe ini pada pemakaiannya biasa dipasang pada unsur dalam kitchen set atau furniture lainnya. Melaminto yang terdapat dipasaran ketika ini sudah memiliki sejumlah pilihan warna.

Teakblock
Teakblock termasuk kumpulan multipleks di mana lapisan terluarnya ialah kayu jati, tetapi di unsur dalam ialah kayu lunak. Teakblock melulu menonjolkan pola kayu pada lapiasan luarnya yang seringkali menggunakan lapisan kayu jati. Teakblock sering dipakai di industri mebel di indonesia.

Material ini tersusun oleh potongan kayu yang dibalut kayu tipis. Harganya pun lumayan terjangkau sehingga tidak sedikit menganjurkan untuk dipakai oleh banyak sekali pengrajin. Akan tetapi andai tidak hati-hati memilih, pada lapisan dalam teakblock bisa dijumpai rongga diantara potongan kayu sampai-sampai akan melemahkan perkuatannya saat dipasangi paku.

Blockboard
Balok-balok kayu berukuran 4cm-5cm dipadatkan memakai mesin, setelah tersebut diberi pelapis, sampai-sampai hasil kesudahannya berupa lembaran laksana papan kayu.

Blockboard terdiri dari 3 lapisan, yakni lapisan kesatu wajah (Face) yang berasal dari lembaran Plywood 0,5 ~ 2 mm. Lapisan kedua / inti berikutnya (Core) yang tercipta dari kayu hutan laksana kayu meranti atau kayu laksana kayu albasia yang telah potong – potong, serta laminasi dan diciptakan sedemikian rupa dengan ketebalan berkirar 10 ~ 14 mm. Dan lapisan ketiga /belakang (Kembali) tercipta dari lembaran Plywood 0,5 ~ 2,0 mm tebal.

Karena tercipta dari potongan – potongan kayu blockboard ketebalan paling terbatas, seringkali paling tipis ialah dengan ketebalan 15 mm. Blockboard tidak sedikit di pakai dalam penciptaan furnitur guna di dalam ruangan.

MDF/ ( Medium Density Fiberboard )
MDF tercipta dari serbuk-serbuk kayu halus yang dipadatkan dan di-press pada desakan tinggi. Karena tercipta dari sisa-sisa kayu, maka harganya juga relatif lebih murah daripada jenis kayu yang dibicarakan diatas.

Kayu MDF adalahmaterial kayu olahan yang tidak tahan terhadap air dan kelembapan. Karena urusan tersebut, guna daerah-daerah yang mempunyai kelembapan tinggi, kami menganjurkan usahakan tidak memakai kayu MDF.

Pada proses finishing, seringkali MDF digabungkan dengan finishing kayu dengan lapisan veneer, HPL, pelapis kertas ( tacon, supercon,dll ), melamik ataupun duco. Keunggulan dari MDF ialah permukaannya yang halus dan tidak berpori menciptakan proses finishing jauh lebih praktis dikomparasikan proses finishing pada jenis kayu lainnya. MDF sering dipakai untuk furniture mass-production dengan sistem knock-down guna menekan ongkos serta mempermudah pengiriman dan pemasangan.

Partikel board
Particle Board ialah papan kayu yang tercipta dari partikel-partikel saldo kayu yang direkatkan dan dipress dengan desakan tinggi. Particle board serupa dengan MDF, tetapi bahan yang dipakai untuk particle board lebih kasar, sementara bahan yang dipakai untuk MDF lebih halus dan lebih padat. Seperti MDF, finishing particle board memakai veneer, PVC, HPL ataupun laminate lainnya.

Harga particle board sangat murah dikomparasikan jenis kayu lainnya, laksana : MDF, plywood ataupun solid wood. Kelemahannya particle board ialah air. Particle board yang terpapar air sulit/tidak dapat digunakan lagi. Oleh sebab itu, guna furniture yang memakai particle board butuh mempunyai finishing yang apik dan baik, guna mengurangi bisa jadi masuknya air melewati celah lapisan luar. Kekuatan particle board pun tidak terlampau baik sampai-sampai tidak dapat menahan beban yang terlampau berat. Particle board pun sering dipakai untuk mass-production pabrik untuk mengurangi biaya, atau guna furniture yang tidak rawan terpapar air, laksana lemari dan lainnya.

Dari seluruh jenis kayu diatas, guna menilai kualitas kayu terdapat 3 hal penentu, yakni :
1. Berat Jenis -> menilai berat/ enteng bahan
2. Structural Strength -> menilai kekuatan bahan dari sisi struktur
3. Water Resistance Level -> menilai keawetan bahan terhadap air

KONTAK KAMI
Hubungi :
0878-5312-5199 (Whatsapp)

Chat Whatsapp Langsung Klik
bit.ly/2nv56dA
ALAMAT
CV. Prima Interior

Jl. Kedinding Lor Gg. Bougenville No.9,
Kec. Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60129
GOOGLE MAPS
https://maps.app.goo.gl/vcGW4fvoaq