Berita Maluku – Kapan terakhir kali kita membaca kitab atau tulisan majalah yang substansial? Ataukah kelaziman membaca harian kita berpusat di Twitter, Facebook, atau jejaring sosial lainnya? Jika kita termasuk di antara dari tidak sedikit orang yang tidak terbiasa menyimak secara teratur, kita jelas kehilangan guna yang seharusnya kita dapatkan, sebab membaca mempunyai sejumlah guna yang signifikan. Adapun 10 guna dari menyimak di antaranya merupakan:
1. Stimulasi mental Studi mengindikasikan bahwa menyimak setiap hari dapat menangkal Alzheimer dan Demensia, sebab dengan membaca, benak terjaga tetap aktif dan membuatnya tidak gampang kehilangan ingatan. Sama laksana otot beda di dalam tubuh, otak memerlukan latihan supaya tetap powerful dan sehat.

2. Mengurangi stres Anda barangkali menghadapi stres di lokasi kerja ataupun dalam hubungan pribadi. Belum diperbanyak masalah beda yang tak terhitung jumlahnya dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya Anda butuh meninggalkan ketegangan tersebut sejenak. Nah, novel yang ditulis dengan baik dapat membawa Anda ke alam lain, sedangkan sebuah tulisan menarik akan memindahkan perhatian kita dari rutinitas yang membosankan. Maka andai Anda hendak lebih rileks, usahakanlah untuk membaca, khususnya hal-hal yang menggembirakan dan inspiratif.

3. Pengetahuan Semua yang kita baca akan memenuhi kepala kita dengan informasi baru, dan suatu ketika hal-hal tersebut akan berguna. Semakin tidak sedikit pengetahuan yang kita miliki, semakin baik kita menghadapi kendala yang datang.

4. Memperbanyak kosakata Semakin tidak sedikit Anda baca, semakin tidak sedikit kata yang kita dapatkan. Ini menolong Anda berkata dan mengekspresikan tidak sedikit hal dengan baik, sampai-sampai sangat menolong dalam profesi apa pun. Di samping itu, menyadari bahwa kita dapat berkata dengan orang beda dengan rasa percaya diri dapat menjadi desakan besar guna kehidupan Anda. Mereka yang menyimak dengan baik, akan berkata dengan baik, dan mempunyai pengetahuan luas tentang sekian banyak topik. Mereka ini ingin mendapat promosi lebih cepat dari pada orang yang mempunyai sedikit kosakata dan tidak cukup memahami sastra, terobosan ilmiah, dan kejadian global.

5. Memperbaiki kenangan Saat menyimak novel, Anda mesti mengingat sekian banyak karakter, latar belakang, ambisi, maupun sejarah untuk mengetahui cerita. Memang ini terdengar susah untuk diingat, tapi benak kita ialah benda menakjubkan yang dapat mengingat hal-hal ini dengan relatif mudah.