Kelebihan Penggunaan Mesin Genset Berbahan Bakar Solar

Posted on

Kelebihan Penggunaan Mesin Genset Berbahan Bakar Solar

Jual Genset Isuzu – Genset biasa digunakan oleh industry skala menengah keatas atau rumah sakit dan kantor pemerintahan yang membutuhkan sumber listrik besar yang cukup stabil. Genset umumnya terpasang satu poros bersama motor diesel yang seringkali menggunakan generator sinkron atau alternator di pembangkitnya. Generator alternator ini memiliki 2 bagian utama yakni system medan magnet serta jangkar.

Genset alternator memiliki kapasitas yang cukup besar, medan magnetnya akan berputar karena berada pada posisi rotor. Genset ini biasanya bekerja sepuluh detik setelah listrik PLN mati, jadi Anda tidak perlu waktu lama untuk kembali menikmati arus listrik pasca PLN mematikan listrik.

Saat listrik kembali menyala, sebuah switch Automatic Transfer Switch secara otomatis akan mengalihkan power suplay yang berasal dari genset ke arus listrik dari PLN. Hal ini akan dilakukan tanpa perlu memadamkan lampu sama sekali jadi tidak akan mengganggu kenyamanan dari konsumen, kurang lebih selama 5 detik genset ini akan mati secara otomatis. Jadi jangan heran jika industry besar maupun rumah sakit akan memilih untuk memakai genset yang menggunakan bahan bakar solar karena generator ini memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya;

  • Genset berbahan bakar solar ini disukai oleh masyarakat, karena harga solar jauh lebih murah daripada bensin
  • Solar mempunyai kepadatan energy yang jauh lebih tinggi jadi energy yang akan dihasilkan jauh lebih banyak, maka dari itu pemakaian mesin diesel pada kendaraan bermotor memiliki daya tempuh yang jauh lebih tinggi yang kemudian membuat pemakaian mesin diesel jadi pilihan terbaik untuk transportasi dan pemakaian alat berat
  • Ada pun mesin diesel modern sudah menanggulangi sejumlah kelemahan yang dimiliki dari versi awalnya, yakni harga yang mahal atas proses perawatan mesin dan juga suara berisiknya. Saat ini mesin genset diesel tidak memerlukan perawatan mahal dan lagi tidak mengeluarkan suara bising.
  • Mesin diesel pun jauh lebih tahan lama daripada mesin bensin, jadi untuk ukuran usianya pun, mesin diesel mampu bertahan lebih lama karena mampu menahan panas pemakaian mesin daripada mesin genset berbahan bakar bensin.