Ketika Anda mengeluhkan ada kasus terhadap mata, tentu hal yang pertama kali tersedia dipikiran Anda adalah memanfaatkan obat tetes mata. Entah itu gara-gara mata merah, kering, gatal ataupun sakit mata. Namun, saat Anda pergi ke apotek atau toko obat, Anda bakal menyaksikan banyak sekali jenis obat tetes mata yang berjejer rapi di rak bersama pilihan merk dan harga yang ditawarkan.

Nah, saking banyaknya jenis obat mata yang disuguhkan, Anda mungkin bakal dibikin bingung menentukan manakah yang paling baik untuk perawatan kebugaran mata Anda. Tenang, ketahui tips menentukan obat tetes mata sesuai bersama tanda-tanda dan keadaan mata di dalam artikel ini.

Yang kudu dipertimbangkan sebelum akan menentukan obat tetes mata

Obat tetes mata adalah cairan yang digunakan untuk meringankan bermacam kasus mata, jikalau mata merah, kering, alergi, ataupun sehabis operasi mata.

Nah, hal pertama yang kudu dipertimbangkan sebelum akan belanja obat tetes mata tanpa resep dokter di toko obat adalah keluhan keadaan mata yang Anda alami saat ini. Misalnya apakah mata jadi gatal gara-gara alergi? Apakah mata merah gara-gara kerap terkena debu atau asap? Apakah mata jadi kering gara-gara terlampau lama menatap layar komputer atau kelelahan? Jika Anda telah paham apa yang Anda butuhkan, langkah sesudah itu barulah menentukan jenis obat tetes mata yang sesuai bersama keadaan Anda tersebut.

Namun ingat, obat tetes mata hanya dianjurkan untuk digunakan saat atau di dalam jangka pendek. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan yang tidak kunjung membaik, Anda kudu segera berkonsultasi ke dokter mata.

Menentukan jenis obat tetes mata sesuai bersama keperluan Anda

Mata kering

Mata kering biasanya disebabkan gara-gara menatap layar komputer terlampau lama, berada di luar ruangan bersama keadaan yang berangin, hawa kering, pengaruh operasi mata, atau gara-gara mata kelelahan. Pelumas tetes mata, atau biasa disebut bersama air mata buatan sanggup memberi tambahan sedikit kelegaan untuk mata kering di dalam jangka pendek. Obat tetes mata yang satu ini bekerja bersama memberi tambahan elemen air mata untuk membasahi mata Anda yang kering supaya memicu mata lebih lembap.

Sebaiknya Anda mengindari tetes mata yang mempunyai kandungan dekongestan. Biasanya obat mata yang mempunyai kandungan zat ini kerap diiklankan untuk menyembuhkan mata merah dan iritasi. Dekongestan memang sanggup kurangi mata merah, namun zat selanjutnya terhitung sanggup memperburuk tanda-tanda mata kering gara-gara obat ini bekerja bersama langkah mengurangi pembuluh darah.

Mata merah

Mata merah sanggup disebabkan oleh kelelahan, alergi atau infeksi. Obat tetes mata dekongestan mungkin sanggup menangani hal ini. Obat tetes ini bekerja bersama mengurangi pembuluh darah dan memicu sklera mata Anda keluar lebih putih. Meskipun di dalam biasanya kasus yang mudah mata merah sanggup diatasi bersama memanfaatkan tetes mata dekongestan, namun menyimak terhitung terkecuali penggunaan jangka panjang bakal berpotensi menimbulkan kasus yang serius, layaknya mata kering, iritasi, pupil yang melebar dan pengaruh samping lainnya.

Anda terhitung kudu hati-hati, gara-gara mata terhitung sanggup menjadi kecanduan terhadap obat tetes mata ini. Jika telah kecanduaan, obat ini seolah-olah bakal memaksa mata untuk memanfaatkan lebih dan lebih kembali saat pengaruh obatnya hilang. Oleh gara-gara itu, jangan sering-sering memanfaatkan obat tetes mata jenis ini. Bila mata Anda tidak kunjung membaik, segera konsultasi ke dokter.

Mata gatal gara-gara alergi

Mata gatal sanggup disebabkan gara-gara alergi. Ingat, menggosok mata bukanlah solusi yang tepat gara-gara bakal lebih banyak membiarkan histamin yang hanya bakal memicu mata menjadi lebih gatal. Anda sanggup menentukan tetes mata yang mempunyai kandungan antihistamin. Tetes mata antihistamin secara tertentu diformulasikan untuk menyembuhkan gatal akibat alergi. Obat ini bekerja bersama kurangi histamin di jaringan mata.

Jika rasa gatal yang Anda alami gawat dan tidak membaik bersama penyembuhan obat tanpa resep, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata.

Konjungtivitis dan infeksi lainnya

Jika Anda mengeluhkan mata merah yang disertai bersama munculnya mata belekan dan mata berair, maka mungkin penyebabnya adalah infeksi atau lebih tepat kerap disebut sebagai konjungtivitis. Air mata buatan sanggup meredakan tanda-tanda sementara. Tapi, biasanya konjungtivitis bakteri biasanya memicu mata Anda terlampau merah dan sakit, yang disertai munculnya cairan tidak tipis dan lengketĀ  yang butuh obat tetes mata antibiotik. Jika telah begini, maka obat yang digunakan kudu bersama resep dari dokter.