Apa Itu PKP? Perlukah Pengusaha Kecil Daftar PKP

Posted on

Apa Itu PKP? Perlukah Pengusaha Kecil Daftar PKP

Smconsult – Apa sebelumnya Anda pernah mendengar singkatan PKP? PKP merupakan Pengusaha Kena Pajak di mana tiap pengusaha terutama pengusaha yang telah lama berusaha di dunia bisnis serta mempunyai omset yang besar hendaknya mengenal dengan baik apa itu PKP. Berdasarkan pada UU Nomor 16 di tahun 2000, PKP merupakan pengusaha yang telah melakukan penyerahan barang kena pajak maupuan penyerahan jasa kena pajak yang memang dikenakan pajak berdasarkan pada UU PPN 1984 dan perubahannya. Ini tidak terkecuali pada pengusaha kecil yang semua batasannya sudah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Keuangan.

Syarat Mengajukan PKP

Untuk memperoleh pengukuhan atas pengusaha kena pajak dari Ditjen Pajak, seorang pebisnis atau pengusaha atau perusahaan harus telah memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut ini:

  • Mempunyai pendapatan bruto dengan omzet 1 tahun di buku sebesar Rp. 4.8 miliar. Akan tetapi tidak termasuk pada pengusaha bisnis atau perusahaan dengan pendapatan bruto kurang dari jumlah yang telah disebutkan sebelumnya terkecuali jika pengusaha itu memilih untuk dikukuhkan menjadi PKP
  • Melampaui proses survey yang sudah dilakukan oleh KPP maupun KP2KP di tempat registrasi
  • Melengkapi dokumen juga syarat pengajuan PKP maupun pengukuhan PKP.

Ada pun permohonan menjadi PKP tersebut akan diajukan langsung ke KP2KP atau KPP yang berada di wilayah kerjanya termasuk wilayah tempat tinggal, tempat kedudukan maupun tempat kegiatan usaha WP.

Perlu Atau Tidak Pengusaha Kecil Daftar PKP

Pengusaha kecil sebenarnya tidak diharuskan untuk melakukan proses pendaftaran PKP, akan tetapi pengusaha kecil yang mau untuk daftar dipersilahkan melakukan pendaftaran PKP. Kebanyakan dari pengusaha kecil yang bermaksud untuk mendaftar PKP supaya dapat mengikuti proyek lelang tender jadi lebih lancar lagi. Hal ini karena salah satu syarat umum untuk bisa mengikuti proyek tender adalah pengusaha yang telah terdaftar sebagai PKP. Dengan melakukan registrasi PKP, maka peluang pengusaha kecil untuk memperoleh bisnis menjadi lebih lancar dan terbuka.

Ketika sudah dikukuhan sebagai PKP, maka pengusaha memiliki sejumlah kewajiban yang harus dilakukan, jadi ketika Anda sudah jadi PKP, jangan pernah mangkir dari kewajiban yang tertulis di halaman lembar administrasi atau file yang pernah Anda terima.