Aneka Jenis Pipa Saluran Beserta Fungsinya

Posted on

 

Distributor pipa HDPE – Pipa termasuk di antara bagian yang amat urgen pada sistem plumbing. Banyak sekali tipe-tipe pipa, tersebut semua dipecah menurut fungsi, letak, serta materialnya. Bagi jenis pipa menurut keterangan dari fungsinya, pipa ini terbagi ke dalam 4 bagian, yakni pipa drainase untuk air bersih, pipa drainase air bekas, pipa drainase air kotor, serta pipa drainase air hujan. Perbedaannya air kotor serta air bekas yaitu dipisahkan dari sumbernya, guna air bekas bersumber pada air bekas gunakan maupun air bekas cucian, sementara untuk air kotor adalahair yang bersumber dari toilet maupun dari urinoir. Pada intinya merupakan, air bekas bisa langsung masuk ke dalam drainase kota, sementara untuk air kotor bakal masuk ke instalasi septic tank maupun STP.

 

Sedangkan untuk drainase pipa menurut letaknya, jenis drainase pipa ini terbagi menjadi 2 bagian yakni pipa vertikal serta pipa horisontal. Sedangkan guna jenis pipa drainase menurut materialnya terbagi dalam 6 bagian, yakni :

 

  1. Pipa Galvanized Iron Pipe atau GIP

 

Pipa GIP maupun lebih familiar dengan sebutan pipa besi galvanis, yang pada umumnya digunakan untuk mengerjakan intalasi air bersih yang bersuhu dingin saja, sebab paling tidak dianjurkan untuk drainase pipa air bersuhu panas.

 

  1. Pipa Poly Vinyl Chloride atau PVC

 

Pipa PVC adalahpipa yang diciptakan dari penggabungan bahan vinyl plastik. Penggabungan tersebut membuat pipa yang ringan, kuat, tidak berkarat serta bakal tahan lama. Tipe pipa laksana ini lebih pas digunakan pada intalasi air bersuhu dingin saja.

 

  1. Pipa High-Density Poly Ethylene atau HDPE

 

Pipa HDPE adalahpipa yang diciptakan dari material poly-ethylene dimana material tersebut memiliki kepadatan yang tinggi sampai-sampai tipe pipa laksana ini dapat menahan desakan yang amat tinggi. Adapun dari ciri khas pipa ini yakni kuat, elastis maupun luwes serta tahan bakal bahan kimia.

 

  1. Pipa Baja atau Steel Pipe

 

Tipe pipa baja dapat digunakan sebagai jalur pipa untuk pasokan energi, misalnya : untuk drainase air, gas, minyak serta bermacam-macam cairan yang begitu gampang terbakar lainnya.

 

  1. Pipa Tembaga

 

Pipa tembaga ialah tipe pipa yang powerful serta tahan lama, pada lazimnya pipa tipe ini lebih tidak sedikit dipakai guna instalasi air bersuhu panas.

 

  1. Pipa Beton

 

Jenis pipa beton yang digunakan berupa beton precast, yang pada umumnya tidak sedikit dipakai sebagai drainase drainase. Pipa tipe ini terbagi menjadi 2 jenis, yakni light duty serta heavy duty.

 

 

 

Itulah sejumlah jenis pipa drainase yang ketika ini tidak sedikit digunakan. Semoga dapat meningkatkan pengetahuan anda tentang sekian banyak  jenis pipa saluran.